Skip to main content

Berapakah besar KAPASITAS otak manusia??

Terkadang, kita berfikir seberapa besar kapasitas otak kita . Tapi faktanya adalah :D
Menurut keterangan :
1. Jika buku-buku yang ada di belahan bumi dikumpulkan, itu baru 3/4 nya dari kapasitas memori otak manusia.
2. Albert Einstein yang menciptakan teori Relativitas, dan dibuktikan dengan menggelarnya bom atom, itu baru 4 % maksimum otak yang dioptimalkan.
Dari aktivitas kita sudah berapa presenkah yang dioptimalkan. Konon jika tidak dioptimalkan banyak ekses akan menimpa pada pola berfikir manusia. Jadi pelupa…jadi ngelantur….bahkan bisa jadi terkena penyakit….wahh…gimana kita mampu untuk mengatasi hal itu…..??


Sebelumnya, mungkin karena tema tulisan kali ini tentang otak manusia, sehingga menjadikan Anda mengira kalau dalam artikel ini akan mengupas tentang seluk beluk mengenai otak manusia itu sendiri. Ehm… sayangnya perkiraan Anda itu salah, karena pada kesempatan kali ini saya cuma ingin sharing pemikiran saya, yaitu bagaimana jika kita memanfaatkan otak yang kita punya sekarang, untuk digunakan secara lebih maksimal? Apa maksudnya?
Kemampuan Otak Manusia Itu Sangat Canggih!
Kita semua tahu, bahwa otak manusia itu canggihnya luar biasa, bahkan sampai teknologi komputer pun bisa tercipta oleh karena kecanggihan otak manusia itu sendiri. Jadi saya berpikir kalau otak kita ini tidak kita manfaatkan secara maksimal, maka sepertinya akan ada kemampuan otak kita yang terpakai percuma dengan tanpa manfaat yang kita rasakan.
Dari terciptanya teknologi komputer itu sendiri, seharusnya kita bisa menyadari bahwa kemampuan otak manusia itu memang sangatlah luar biasa, karena dengan teknologi komputer itu berbagai pekerjaan dapat diselesaikan dengan lebih cepat. Hal yang seperti itu, berarti menandakan bahwa otak manusia perlu kita manfaatkan untuk bisa semakin mempermudah sekaligus meningkatkan kualitas proses kehidupan kita. Bagaimana caranya?
Pada saat masih bayi, tentu kemampuan otak kita masih belum secanggih kemampuan otak kita yang sekarang, tapi dengan proses kehidupan yang kita jalani semenjak bayi hingga kita menjadi dewasa seperti sekarang, ada begitu banyak proses pemasukkan data ke dalam otak kita yang menjadikan otak kita terus mengalami perkembangan, dan bisa kita sebut dengan proses belajar otak manusia.
Maka dari itu, sebenarnya agar kemampuan otak manusia itu bisa dimanfaatkan secara maksimal maka perlu adanya proses pembelajaran terlebih dahulu, supaya ada begitu banyak data informasi yang tersimpan dalam otak kita ini. Ada berbagai macam bentuk proses belajar yang bisa kita lakukan agar kemampuan otak manusia itu bisa terus semakin berkembang, dan itu bisa secara langsung mau pun tidak langsung.
Seperti membaca lalu mempraktekkannya misalnya, dengan begitu maka dalam proses pembelajaran tersebut otak manusia akan bisa menyimpan berbagai data informasi yang berupa berbagai pengetahuan serta pengalaman yang bisa digunakan di masa depan nanti. Jika semakin banyak pengetahuan dan pengalaman yang kita masukkan ke dalam otak manusia, maka itu juga akan membuat stok pengetahuan dan pengalaman kita semakin banyak, tentu ini akan sangat berguna sekali di masa depan nanti. Bukan begitu?
Supaya otak manusia ini bisa lebih maksimal lagi manfaatnya, maka kita juga perlu memanfaatkannya untuk bisa menciptakan akan suatu hal yang juga bisa meningkatkan kualitas hidup kita. Seperti penciptaan teknologi komputer tadi misalnya, bukan kah dari penciptaan teknologi komputer tersebut menjadikan kualitas hidup manusia terus berkembang?

Meski begitu, dalam proses pemaksimalan manfaat otak manusia ini, kita tidak harus bisa menciptakan akan suatu hal yang begitu ‘wah’, asalkan otak kita ini bisa menciptakan suatu hal yang bisa mendatangkan manfaat bagi kita sendiri serta orang lain, walau sekecil apa pun maka setidaknya kita juga sudah memanfaatkan sebagian kecil dari kecanggihan otak manusia yang kita miliki, sehingga bisa dikatakan juga kalau bagian kecil itu sudah terpakai dengan adanya manfaat yang didapat.
Memang, kemampuan otak manusia dalam menerima input tidak seefisien kemampuan teknologi komputer. Meski begitu, tetap saja teknologi komputer itu tercipta karena kecanggihan otak manusia, sehingga bisa dikatakan kalau sebenarnya teknologi komputer itu masih kalah canggih dengan otak manusia. Jadi, kita masih perlu memanfaatkan otak kita ini secara maksimal untuk terus meningkatkan kualitas hidup kita. Semoga bermanfaat :)

sumber : http://www.iprasblog.com dan http://edingulik.wordpress.com

Comments

Popular posts from this blog

First Impression K-Drama Black Knight : The Man Who Guards Me

Hai haii^^ Akhirnya aku kembali setelah beberapa minggu ga posting hehe.. maaf ya soalnya minggu lalu minggu yang agak berat karena beberapa mata kuliah men-deadline-kan beberapa tugas dadakan, aku jadi kehilangan waktu untuk nulis (curhaaat banget XD) m.blog.naver.com Okee balik ke topik utama, yaaap drama Black Knight.. hmm disini adakah yang nunggu - nunggu drama ini tayang?? Ciyee sepertinya yang nunggu ini ga bakalan kecewa dengan hasil penantiannya. FYI, drama Black Knight ini tayang di slot Rabu-Kamis nya KBS jadiii saingan sama Nothing to Lose, I'm not a Robot, dan Wise Prison Life. www.twitter.com Sebelum mengupas first impression, aku mau kasih sedikit trivia yaa.. Jadi begini, aku nonton Black Knight ini agak telat wkwk XD kenapaa? karena disaat udah tayang sekitar 8 episode, aku baru mulai nonton daaan itupun sedikit memaksakan diri. Entah kenapa ga tertarik aja sama drama ini (awalnya begituu..) Karena, drama ini tayang perdananya barengan sama I'm not

Review Drama Korea The Beauty Inside 뷰티 인사이드

Hai semuaaa.. Annyeong yeorobun, sudah lama sekali kita tidak jumpa hehehe^^ Maafin aku yang benar-benar harus hibernasi panjang karena selama satu semester lebih sedikit ini harus menyelesaikan kewajiban ku sebagai mahasiswa semester akhir. Yang harus benar benar fokus sampai tidak sempat nulis blog. Maafin aku yaaa, inshaa Allah bakalan lebih sering update karena kesibukkanku sudah sedikit berkurang.. ohmynews.com Okee, kembali ke topik utamaa. Kali ini aku bakal nge review drama The Beauty Inside. Dan jujur aja, ini review yang sudah amat telat karena drama tersebut udah tamat sekitar satu setengah bulan yang lalu XD. Tapi it's okay lah daripada engga sama sekali. Yang pasti aku semangat nulis review drama The Beauty Inside ini karena dramanya emang baguss, so.. keep reading yaa inikpop.com Drama The Beauty Inside ini merupakan drama adaptasi film korea dengan judul yang sama serta adaptasi juga dari film Amerika dengan judul yang sama pula. Tuh lah yaa, sangking b

Review Drama Queen For Seven Days

Annyeong ^^..Hii semuaa Lama ga nge post nih hehe.. Mianhaee , mungkin diriku terlalu asik menonton dan agak sibuk (alasan =D) jadi lupa mau buat review -an Kali ini aku mau review drama Queen For Seven Days yang udah tamat pada awal Agustus lalu Genre nya apa? Jengjengjeng.. genre nya romace dan politik dengan latar belakang Dinasti Joseon. Drama Queen For Seven Days ini drama sageuk alias yang bertema sejarah sejarah gitu, tepatnya di Dinasti Joseon. First Impression dari drama ini lumayan bikin terpana. Karena, akting dari para pemainnya bagus, plot nya lumayan, penggambaran karakter dan permasalahannya juga dapet Dan yang paling penting nih, sinematografi nya sip dan OST nya sangat mendukung. Karena ini bukan salah satu drama yang kutunggu jadi ekspektasi ku untuk drama ini lumayan tinggi dan memenuhi target lah^^ Secara garis besar, drama ini menceritakan kisah cinta segitiga dari Pangeran Jinseung (Lee Yeok), Shin Chae Gyung dan Raja Yeonsan. Raja Yeonsan dan Pan